Jumat, 13 Juli 2018

Review Liburan di De Ranch Puncak



Setelah sekian lama mendengar tentang De Ranch yang di Puncak (yang notabene gak terlalu jauh dari rumah), akhirnya saya berkesempatan untuk bawa anak-anak kesana. Alhamdulillah ada barengan saudara yang juga belum pernah ke sana, sekaligus playdate sama bocahnya. Kita sengaja ke sana di hari kerja, karena prinsip saya adalah ke Puncak di kala weekend = bunuh diri. Ternyata di hari Selasa nan cerah pun traffic ke Puncak lumayan bikin kesel. Mungkin karena masih liburan sekolah kali ya.

Lokasinya sih sebenernya gak terlalu jauh, gak sampe ke Puncaknya, Taman Safari juga belom. Waktu tempuh Bogor – De Ranch waktu itu sampe 2 jam sajah saudara saudariii.. Pas akhirnya sampe di sana, kekesalan akibat macet lumayan terobati, karena ternyata tempatnya cakeeepp bangeeet.. Alhamdulillah ya maksain ke sana.

Harga tiket masuk nya per orang adalah 20 ribu perak, bisa dituker susu atau bisa jadi voucher makan. Enaknya voucherna bisa digabungin, jadi lumayan banget hematnya.

The first thing that we did setelah sampai adalah makaaannn! Secara udah jam 2 lewat kita semua udah kelaperan berat. Makanannya lumayan sih gak terlalu mahal. Ada stand tahu susu dan sosis yang jadi favorit anak-anak. Tahu susu goreng isi 10 harganya 20 ribu. Yang mentahnya harganya 25 ribu. Tahunya enak dan lembut, anak-anak abis 2 porsi hahhaa.. Sosis ada berbagai varian, semuanya harganya 15 ribu. Buat yang mau rada hemat, udah aja pesen sosis sama order nasi putih. Beres. Hehhee.. Sosisnya lumayan gede soalnya.

Makanan yang lain juga lumayan, harga standar sih. Nasi goreng 25 ribuan, soto ayam 30 ribuan, ada ayam geprek juga tapi lupa harganya. Seingetku yang harga 25 – 30 ribuan lumayan banyak sih. Jadi kalau dikurangin voucher yang 20 ribu nambahnya buat makan gak banyak.

Selama makan anak-anak rebut banget mau liat domba. Maklum tempat gembala dombanya pas bener depan meja makan. Berhubung masih visible, akhirnya aku bolehin. Lumayan, mamak bisa duduk santai bentar sambil mata tetap mengawasi bocah. Hehehe..

View makan siang, cakep yak!

Another point of view, tetep cakep!






























Lepas makan, mulai deh kita bertualang ngelilingin si De Ranch yang ternyata luaaass beneerr. Tempat pertama yang dituju bocah adalah menunggang kuda. Secara selama makan mereka liat orang seliweran naik kuda, jadi penasaran deh. Menunggang kuda ini ada 2 tipe, yang untuk anak besar dan anak kecil. Yang untuk anak besar harganya 35 ribu, kudanya guedee bener bok. Beda lah sama kuda-kuda yang suka ada di taman-taman gitu. Bocah juga bisa pake kostum koboi, biar menjiwai gitu naik kudanya hehhehe.. Yang untuk anak kecil itu ternyata kuda poni, harganya 30 ribu. Berhubung bocah bayi kayaknya gak tertarik, jadi gak nyobain. Begini nih penampakan kuda dan kostum berkudanya. Bocah dibawa keliling naik kuda sekali aja, palingan cuman 10 menitan sih gak lama. Turun-turun pada hepi beneerr.. I guess it was worth 70 ribu untuk 10 menit hehhehe..


Kudanya dan kostum berkuda. Yiiihaaa..!
















Pulang keliling naik kuda, sumringah bener mukanya bocah 














Next destination, memberi makan kelinci! Harganya 25 ribu, dapet wortel dan sayuran seiprit untuk dikasih makan ke kelincinya. Untuk yang di bawah 2 tahun boleh didampingi, tapi kalau udah gede, pendamping juga mesti bayar. Kelincinya lumayan banyak dan gendut-gendut. Kayaknya udah pada overfeed sih hahha soalnya jadi pada males makan gitu. Di sini gak dibatesin jam, jadi bisa kasih makan dan main sama kelinci sepuas-puasnya. Sayangnya bocah-bocah kayaknya pada bosen (secara udah sering liat kelinci), akhirnya Cuma spent paling 15 menit, lalu saya didorong-dorong lagi main ke tempat lain.

Ini ceritanya gemessss liat kelinci








  












Last stop, Gembala Domba! Ini yang udah ditunggu sejak tadi sama bocah. Salah strategi deh, mestinya ke sini dulu kali yak sampe puas baru ke tempat lain. Hehehe.. Domba-dombanya bagus bagus banget deeehh, gemyuk dan bulunya tebel. Kayak domba-domba yang suka muncul di iklan pariwisata New Zealand. Beda banget kayaknya sama domba yang suka nongol di pinggir jalan menjelang lebaran haji. Beda dengan kelinci yang overfeed, domba-domba di sini underfeed kayaknya. Apa emang rakus aja? Soalnya begitu kita masuk bawa makanan, langsung dikejar! Udah gitu dombanya kan gemuk gitu, jadi bocah yang dikejar gimana gak takut diseruduk rombongan domba. Yang ngejar gak cuman satu soalnya, tapi banyak! Kalau mau masuk ke tempat domba bayar 25 ribu, sama dapet wortel dan sawi seiprit. Kalau mau sayang-sayang dari luar juga bisa sih, lebih safe juga gak diseruduk hehehe..

Bayi bayi berdiskusi tentang domba (asli serius bener mukanya!)

Domba domba agresipp






























Cari aman deh kasih makannya dari luar biar gak diseruduk

















Sebenernya masih ada wahana lainnya, tapi sayang udah keburu sore. Kesiangan sih berangkatnya, jadi gak sempet main ke yang lain. Lagian kayaknya bocah udah pada capek juga sih (emaknya pun!). Akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Sebenernya di sebelah sanaan lagi masih ada kasih makan sapi dan naik delman (50 ribu bok naik delman seputaran ajah). Next time deh main lagi ke sini. Oia ada main panahan juga buat yang suka panahan.  

Some tips untuk mamak dan bocah yang mau main ke De Ranch puncak :


  • Come early, jadi bisa puas mainnya.
  • Bawa air minum di botol yang gede, soalnya bakalan main seharian. Daripada boros beli minuman botolan kan (yang kurang ramah lingkungan juga).
  • Bawa topi dan kalau bisa sunscreen, soalnya lumayan terik mataharinya.  
  • Bawa makanan bekal biar hemat hehhee.. Jadi voucher bisa ditukerin susu buat cemilan bocah. Budget buat makan bisa dialihin ke biaya masuk permainan deh.  
  • Mesti pilih dulu yang mau dimasukin, kalau mau masuk ke semua permainan, mamak bisa tekor (apalagi kalau bocahnya 3 ya maak). Bocah kalau bisa debrief dulu, pilih permainan misalnya maksimal 2 atau 3 (tergantung kantong mamaknya).  
  • Have fun and have a LOT of selfies! Soalnya tempatnya cakep bangeet seneng dehh..



Overall, I would rate this place 4 out of 5. Kenapa gak 5? Karena kesempurnaan hanya milik Tuhan ya mak kalau kata anak jaman old. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pasique's Template by Ipietoon Cute Blog Design