Rabu, 11 Mei 2016

Pengalaman melahirkan di KMC

Hai haiii.. jumpa lagi jumpa maisy kembali setelah sekian lama gak post any blogs. Terharu juga ternyata blog post doctor's review lumayan banyak yang baca. Kali ini gue akan post another review yang masih berhubungan dengan dokter, yaitu tentang rumah sakit tempat gue lahiran anak ke2 (dan Insya Allah anak ke3 ini) : Kemang Medical Care alias KMC.

Gue dari pertama ke RS ini udah seneng banget sama ambiancenya, gak kayak rumah sakit pada umumnya. Yah secara emang RSIA sih doi sebenernya, jadi banyakan yang dateng emak2 hamil sama anak2 kecil, bukan modelan orang berdarah2 abis tabrakan gitu. Rumah sakitnya gak gede, cuman 4 lantai kalo gak salah. Lantai 1 tempat praktek dokter, lantai 2 dan 3 tempat kamar rawat inap, lantai 4 ruangan untuk fisioterapi dll.

Berhubung dr Ridwan tersayang praktek dimarih doang, ya so pasti lahiran disini juga dong ya. Survey punya survey, biaya lahirannya bok, mayan mencekik leher, bantuan lahiran dari kantor gue udah pasti gak nutup. Apalagi kalo cita2 mau yang sekamar sendiri alias VIP.

Tapi jangan syedih mak, gue punya bocoran yang saik nih kalo emak2 mau melahirkan (agak) hemat dimarih. Kuncinya adalah : ambil kamar yang kelas 3, karena oh karena, besar kamar kelas 1, 2, 3 sama aja dan sama2 berdua dalam 1 kamar. Lah trus kenapa beda harga? Ternyata cuman beda fasilitasnya aja maaak.. Gue lupa sih persisnya fasilitasnya apa aja yang beda, tapi yang pasti di kelas 3 gak ada TV, gak ada kulkas, gak ada telpon. Yah secara gue kan bakalan beranak ya bukan liburan, jadi doesn't really matter gitu kan fasilitas begituannya.

Secara basic amenities kayak tempat tidurnya gitu sama kok, sama2 udah elektrik, bukan yang mesti diengkol manual. Sama2 ACnya dingin (ya kali gak dapet AC gitu), sama2 dapet toiletries dan handuk2, sama2 mendapat perlakuan yang ramah dari suster2nya. Biar kata di kamar kelas 3 tapi berasanya kayak di kelas VIP sih kalau kata gue, karena gue lagi itu gak ada temen sekamarnya, jadi sekamar sendiri deh. Aheeeyy..

Anyway gue cukup amazed dengan proses gue lahiran di KMC entah kenapa lebih less painful ketimbang lahiran anak pertama di RS lain yang sama mahalnya, sebut saja namanya RS Mawar (gak mau nyebutin namanya, nanti dibilang pencemaran nama baik pula). Di RS Mawar gue operasi sesar bius lokal, abis babynya keluar, gue dibius total. Bangun2 jekpot aja karena efek obat biusnya kali ya. Trus bedrest total mesti 2 hari baru bisa bergerak. Di KMC gue bius lokal all the way, jadi gak ada drama jekpot karena bius total. Trus amazingly bedrest cukup 1 hari aja, abis itu udah langsung bisa jalan2. Apa karena udah anak ke2 ya?

Yang gue demen banget dari KMC adalah konsistensinya dalam mendukung ASIX. Berhubung baby gue lagi itu masuk NICU karena gula drop dan masalah pernapasan (hiks syediiihhh banget), gue memutuskan untuk mulai mompa ASI pake pompa supaya produksi ASInya terstimulasi. Mereka minjemin pompa asi elektrik yang gedaaaa banget dan bisa dibawa ke kamar. Di RS Mawar pompa asinya ga bisa dibawa ke kamar, jadi gue mesti ke kamar bayi untuk pompa. Trus saban hari di KMC gue didatengin konselor laktasi, padahal gue udah bilang kalo baby lagi di NICU, tapi doi continue dengan kasih knowledge tentang breastfeeding dll. If only waktu anak pertama gue lahiran disini, would have saved me from nipple confusion drama :( Di RS Mawar, gue tiap minta didatengin konselor laktasi, dibilanginnya "ibu nanti diajarin sama suster dari kamar bayi" atau "ibu ikut kelas laktasi aja". Ya jelas beda ya konselor laktasi sama suster kamar bayi dalam ngasih penjelasannya, dan ikut kelas laktasi kan rame2 yaa gak private. Ngeselin ih kalo diinget.

Last but not least, yang gue acungin jempol banget dari KMC adalah suster2nya yang baik baiiik banget. Walopun gue warga kelas kambing di kamar kelas 3, tapi sama sekali gak ada pembedaan perlakuan (at least yang observable buat gue ya). Ramah ramaaah banget deh, gue minta apa aja kayaknya gak pernah ada yang jutek. Gue soalnya sensi banget sama yang jutek2 jadi kalau nemu yang jutek dikit pasti gue terganggu banget. Dan bukan hanya susternya sih, sampe cleaning service, petugas catering, satpam, semuanya baik2 dan ramah2 banget. Hebring lah pokoke..  

Bocoran dikit tentang biaya lahiran yang gue bayar untuk lahiran sesar di tahun 2012 adalah sekitar 19 juta. Itu pun gue agak extend beberapa hari karena baby masuk NICU. Harga kamar kelas 3 per hari lagi itu cuman 150ribu kalau gak salah (kamarnya aja). Harga yang kurang lebih sama gue bayar di RS Mawar di tahun 2011 untuk kelas 2. Phew.. Mahal yak beranak.. (Salah sendiri nyarinya di kemang rumah sakitnya). Gue belum ngecek nih update harga terakhir tahun ini (2016) berapa, rada deg2an juga sih hahahha.. tapi dengan servis yang gue dapet sih puas banget. Highly recommendedlah RS ini, keep up the good work KMC!

-----

Latest update, harga lahiran di KMC has gone up the roof! Alias naik lumayan jauh, bikin deg2an hahaha.. ini price list terbaru 2016. Ayo menabung yang rajin ya kalau mau lahiran di KMC hahaha.. but I still think it's worth it and I still highly recommend KMC untuk lahiran. Sekian.

8 komentar:

  1. tosss!! sesama pecinta dr ridwan plus kmc nya lah yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha yoih demi dr ridwan lah ini menabung yang rajin

      Hapus
  2. Thanks mba reviewnya..
    Semakin harus nabung demi ngga ketemu suster2 jutekk 😅

    BalasHapus
  3. Thanks mba reviewnya..
    Makin semangat nabung demi ngga bertemu suster jutek..

    BalasHapus
  4. Thanks mba reviewnya..
    Makin semangat nabung demi ngga bertemu suster jutek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya mbaaak :* 2 kali melahirkan disini selalu puas sama pelayanannya.. highly recommended deh pokoknya

      Hapus
  5. Kelas 1 masih berdua mbak, kalau kelas utama sudah sendiri

    BalasHapus
  6. salam kenal mbak….aku juga nih dah terkesan banget sama DokRid dan KMC, 2 kali melahirkan normal di KMC dan ini dapat bonus akan ke 3,tetep DokRid dan KMC andalan nya...dan setuju banget buat milih kamar kelas 3 kl mau menghemat budget dan yang terpenting DokRid dan KMC nya, sepaket dah tuh.he..he...

    BalasHapus

 

Pasique's Template by Ipietoon Cute Blog Design